Senin, 09 Mei 2011

Belajar bahasa bugis-Makassar gaul


Assalamualaikum Wr.Wb

teman teman sekalian yang berbahagia...
saya mau sedikit berbagi soal belajar berbahasa bugis yang baik dan benar..
hhe, karena kayaknya teman-teman sekalian saya pake beberapa kata-kata berbahasa bugis di dalam posting-posting ku'.. jadi supaya gampang bacanya belajar meki' dulu nah, dasar-dasarnya mo dulu..

1. KI'
Ki' disini artinya sama dengan KAMU. Tapi lebih sopan. Contoh penggunaan dalam kalimat: DIMANAKI'?artinya: Kamu dimana? Biasa digunakan untuk orang yang lebih tua karena lebih sopan. trus kalo ada orang odo'-odo' (naksir) kamu terus org bugis trus pake  ki' ki'..? hhmm pertanda cinta itu, ...

2. KO
Sama ji juga dengan Kamu.. Cuma ini bukannya kurang sopan, cuma lebih akrab. Biasa digunakan buat teman-teman contoh: Woy.. Dimanako makan? artinya: Woy.. Kamu makan dimana? Sama ji kayak anak Jakarta.. Cuma mereka kan pake 'Elo!' Kalo di Makassar dia pake' 'KO!' Begitu .. Jangan pernah pake KO ke orang tua, guru, dosen, atau yang lebih tua.. TIDAK SOPAN!!

3. OKKOTS
Orang Makassar itu kebiasaan dengan kata OKKOTS, apa itu OKKOTS? kelebihan G dan kekurangan G. Saya mengambil contoh dari blognya Benjen.
Contoh: ayo pergi makanG deh.. sudah itu pulan miki.. arti: ayo pergi makan.. sudah itu kita pulang..  *HIDUP OKKOTSS!! YEAH.. jangan malu untuk ber-OKKOTS, temanG-temanG!!

4. MI / JI ..
Mi dan Ji itu seperti imbuhan.. contoh: AYO'MI! itu artinya seperti AYO LAH!! Kalo imbuhan JI, contoh penggunaan kalimatnya seperti ini: bimbim ji yang sakit.. artinya: Cuma bimbim yang sakit..

5. Tawwa..
Tawwa itu seperti pujian buat orang atau biasa digunakan untuk menggodai orang. Contoh dalam kalimat: CIE TAWWA.. MOBIL BARU! artinya: Ciee yang mobil baru.. atau.. Liatki tawwa wawa baru jilbabnya artinya: Liat tuh Si wawa.. jilbabnya baru!..

6. Anu..
Oiya, jangan heran kalo orang sini doyan bilang ANU.. Anu ini bukan anu yang macam-macam.. Kadang-kadang ANU, dipake kalo misalnya orang itu sedang lupa atau memikirkan kata apa yang mau diucapkan.. contoh: Aduh itueee.. Si Anu.. Saya lupa namanya.. 

7. Kodong
Kodong itu buikan singkatan dari kedondong.. Kodong itu ekspresi kesedihan atau kekecewaan. Contoh:Hilang dompetku KODONG.. hiksss!! Terus balasan yang cocok untuk ekspresi diatasa adalah: Kodong! Hilang dompetmu? Selama' yaaa!! (ajaran sesat jangan ditiru!)

8. WE!!
Gaya memanggil orang Makassar, biasanya kan HEY! , tapi kalo di makassar manggilnya jadi begini : We.. mau ko kemana?

1. Apa deh!! artinya: Apaan sih?
2. Angngapeko? artinya: Elo kenapa?
3. Asala' kau ji, artinya: Terserah kamu aja deh!
4. Ambe' mua mi.. artinya: Ambil aja semua!
5. Allengasemmi, artinya: Ambil aja semua!
6. Apa mi poeng.. Terlanjur mi, artinya: yowes.. udah terlanjur juga..

7. Bella naaaa, artinya: JAUHnyaaaa..
8. Bagaya ee, artinya: banyak gaya lo!
9. BAGA, artinya: Bodo'! 
10. Ballisikku kawee, artinya: aku sebel tau!
11. Bedededeh, artinya: WAH!
12. BAKKA'na! artinya: besarnya!

13. Calleda', artinya: genit atau banyak gaya!
14. Candoleng-doleng, artinya: kalo nda salah sih ini nama penari di daerah SulSel cuma dibawakan sama banci *KATANYAAAAA...
15. Cipuru' ka, artinya: saya lapar
16. Cesss, artinya: teman!

17. Dongo', Dompala' dan Dondolo'.. artinya: Bodoh, bego ,dkk *agak kasar!
18. Dahsyatnya arrakadaaa'! artinya: alamak! dahsyatnya *bahasanya mama'ku!
19. EPEN kah? artinya: Emang Penting?
20. Ededeh! artinya: seruan kalo misalnya lagi mengeluh. Contoh: Ededeh! Sakitnya! Yah sodaraan  sama kata "Aduh!"

21. KAMASE, artinya: KASIAN! *selalu muncul di postingannya Alstrojo
22. Kenapsko? artinya: Kenapa kamu? *kenapa digaulkan menjadi KENAPS?
23. Kampudess artinya: Kampungan
24. Lale na inie artinya: Kamu mesum ah! Lale itu mesum
25. Lannya' artinya: Hilang

26. Manyyu'! artinya: *ungkapan kekesalan
27. Nganre artinya: Makan
27. Pergima!! artinya: Saya pergi!!
28. Patardes artinya: bohong!
29. Palla' na! artinya: Jagonya!
30. Palukka' artinya: pencuri

31. Rantasa' artinya: jorok
32. Rotasa' artinya: berantakan, jorok
33. Rapa-rapa dudukoo, artinya: kamu sih.. tergesa-gesa!
34. Sante mako nah! artinya: eh elo sante aja kaleee..
35. Tanja' na e.. artinya: muka'mu.
36. Tabe'! artinya: permisi!

37. Talekang, artinya: banyak gaya
38. Tappu'ma artinya: saya sudah putus.. Tappu itu kebalikan kata dari latto'.. latto' artinya jadian
39. Upa'! artinya: untung besar
40. Ta'bangka! artinya: KAGET!
41. Ya dendeeee artinya ekspresi menakut-nakuti, contoh: Ya dendeee ada hantu di belakangmu!

yak, itu mo dulu kata-kata kita pelajari, nanti kalau semua ini sudah lancar selancar hembusan angin baru ku kasi' ki lagi belajar makassar part 2nya. 
sebenarnya ini cuma repost guys dari blognya kak Alfida makasi kak nah..

sekian Assalamualaikum Wr.Wb


*bighug*


9 komentar:

  1. saya belum terlalu mengerti bahasa bugis

    BalasHapus
  2. oea mo qaa' jgg tambai 1 moh..

    -Dumba-dumba = cenat - cenut

    itu jhiie..

    BalasHapus
  3. makasih ka nah.. sebentar bisaji dipelajari ini

    BalasHapus
  4. wahahahahalagi lagi lah aku orang bandung punya cewk makasar jadi kalo ngomong kadang gangarti tapi maksi gan ada pencerahan nih.......

    BalasHapus
  5. Mari Belajar Menulis Aksara Bugis dengan Mudah, disini :
    http://menulisaksarabugis.wordpress.com/

    BalasHapus
  6. Assalaamu Alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuhu,

    Hari ini 21 April.....tanggal yang di Indonesia dirayakan sebaga Hari Emansipasi Wanita, ulang tahun R.A. Kartini. Tentu Ibu kita, saudara kita yang wanita....semua adalah KARTINI juga. Selamat Hari Kartini dari kami para KARTONO. Pesan pribadi untuk semua rekan saya yang laki-laki: JANGAN ADA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA...Mari hargai dan tempatkan wanita sebagai partner, mahluk mulia yang harus dilindungi.

    Ya..tentu wanita juga yah....kurangi bawel cerewet mrepet..pet..pet...pet....hehehehehe..maaf tapi saya jujur lhoh. Satu lagi: Jaga Aurat, karena tanpa memperlihatklan aurat, kalian sudah SANGAT CANTIKKKKKK..OKKEEE :-)

    Salessuringku Mallebbi,
    Saya share lagi Materi 2 untuk Pelajaran Menulis Aksara Bugis. Saya harap teman-teman bisa mengikutinya, sehingga betul-betul bisa menulis nantinya. Ayo Praktik juga yah....saya yakin ini tidak membosankan.

    Sampai jumpa pada Materi selanjutnya.
    Imran Jamal

    http://www.facebook.com/menulisaksara.bugis
    http://menulisaksarabugis.wordpress.com/
    http://www.flickr.com/photos/bugis_unity/

    BalasHapus
  7. wahhhhh ini sangat membantu saya,,,,,,maklum baru di makasar inih,,,,,,,,,,,

    BalasHapus

What do you think??